Loading...
Kabupaten Tanjung Jabung Timur
085211201985

Berita

Peningkatan Kompetensi Guru dan Tendik SMK Selaras Dunia Kerja SMK Pusat Keunggulan Skema Reguler Lanjutan Tahun 2023, Hari Pertama

28 Nov 2023

Nipah Panjang, 28 November 2023 - Peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan (tendik) SMK selaras dengan dunia kerja menjadi salah satu fokus dalam program SMK Pusat Keunggulan (PK). Hal ini bertujuan agar lulusan SMK memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri dan dapat terserap dengan baik di dunia kerja.

Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru dan tendik SMK PK, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan kegiatan peningkatan kompetensi guru dan tendik SMK PK, Skema Reguler Lanjutan Tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Serbaguna SMKN 2 Tanjung Jabung Timur

Pada hari pertama, kegiatan ini menghadirkan Muldan Martin, A.Pi., M.Si. selaku Widyaiswara Ahli Madya BBPPMPV Pertanian, Kemendikbudristek RI sebagai narasumber. Dalam paparannya, Muldan menyampaikan bahwa peningkatan kompetensi guru dan tendik SMK PK harus berfokus pada tiga aspek, yaitu:

  • Aspek Pedagogik, yaitu kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran.
  • Aspek Kepribadian, yaitu kemampuan guru dalam berperilaku dan bertutur kata yang baik.
  • Aspek Profesional, yaitu kemampuan guru dalam menguasai materi pembelajaran dan keterampilan mengajar.

Muldan juga menyampaikan bahwa peningkatan kompetensi guru dan tendik SMK PK dapat dilakukan melalui berbagai metode, antara lain:

  • Pelatihan, yaitu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap guru dan tendik.
  • Magang, yaitu kegiatan yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada guru dan tendik untuk belajar langsung di dunia kerja.
  • Coaching, yaitu kegiatan yang bertujuan untuk memberikan bimbingan dan pendampingan kepada guru dan tendik dalam pengembangan kompetensinya.

Pada agenda pertama, kegiatan ini diawali dengan pemaparan hasil pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek (PJBL) oleh guru penerima pelatihan upskilling dan reskilling di BBPPMPV Pertanian Cianjur. Pemaparan dilakukan oleh Ibu Anggun Dwi Apriyani, S.Str.Pi, Ibu Marlina, SH.I., dan Bapak Yoga Harno Ginanjar, A.Md.Pi.

Pemaparan ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada peserta kegiatan tentang pelaksanaan PJBL di SMK PK. PJBL merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi taruna/i SMK.

Setelah pemaparan, narasumber memberikan penguatan terhadap hasil pemaparan yang telah disampaikan oleh para guru. Narasumber memberikan saran dan masukan untuk perbaikan pelaksanaan PJBL di SMK PK.

Kepala Sekolah SMK PK SMKN 2 Tanjung Jabung Timur, Ibu Siti Rahma, S.Pd.I., M.Pd, menyambut baik kegiatan peningkatan kompetensi guru dan tendik SMK PK, Skema Reguler Lanjutan Tahun 2023. Ia menilai bahwa kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kompetensi guru dan tendik SMK PK sehingga dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap kerja.

"Kegiatan ini merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi guru dan tendik SMK PK untuk meningkatkan kompetensinya. Kami berharap, kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas pendidikan di SMK PK," ujar Siti Rahma.

Siti Rahma juga menyampaikan bahwa SMK PK SMKN 2 Tanjung Jabung Timur berkomitmen untuk terus meningkatkan kompetensi guru dan tendik. Selain melalui kegiatan-kegiatan pelatihan, SMK PK SMKN 2 Tanjung Jabung Timur juga memberikan kesempatan kepada guru dan tendik untuk mengikuti program magang di dunia kerja.

"Kami akan terus berupaya untuk memberikan dukungan kepada guru dan tendik agar dapat meningkatkan kompetensinya. Kami yakin, dengan kompetensi yang mumpuni, guru dan tendik dapat menghasilkan lulusan SMK PK yang kompeten dan siap kerja," pungkas Siti Rahma

Kegiatan peningkatan kompetensi guru dan tendik SMK PK, Skema Reguler Lanjutan Tahun 2023 ini akan berlangsung selama 2 hari. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru dan tendik SMK PK sehingga dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap kerja.

Leave a Reply